-->

Thursday, February 9, 2017

Menginstal Mikrotik

Untuk melakukan instalasi Mikrotik di komputer yang telah dipersiapkan langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:


  • Ubah settingan BIOS di komputer agar melakukan Booting dari Media CD.
  • Kemudian masukkan CD-R yang telah di-burn Mikrotik RouterOS tadi, dan hidupkan komputer.
  • Pertama sekali Booting setelah proses pengecekan oleh BIOS, Anda akan melihat tampilan instalasi Mikrotik sebagai berikut. 

  • Pada tampilan awal ini Anda harus memilih fitur apa saja yang ingin Anda gunakan pada Mikrotik. Secara default yang terpilih hanya item “system”, di mana ini merupakan fitur dasar, di mana hal ini sama dengan Anda menekan tombol “m”. Untuk memilih semua fitur yang disediakan oleh Mikrotik, Anda dapat menekan tombol “a”. Setelah menekan tombol “a” tersebut, tampilannya akan sama dengan gambar di atas.
  • Jika dalam harddisk komputer yang Anda gunakan sudah terinstall Mikrotik sebelumnya, maka Anda dapat menyimpan konfigurasi yang telah dibuat pada Mikrotik tersebut dengan mengetikkan “y”. Namun, jika Anda baru pertama kali menggunakan Mikrotik, maka Anda dapat mengetikkan “n”.
  • Setelah itu, Anda akan melihat peringatan, bahwa dengan menginstall Mikrotik, maka semua data di harddisk akan dihapus. Jika Anda sudah yakin untuk menginstall Mikrotik, tekan saja “y”.

  • Setelah Anda mengetikkan “y”, proses instalasi akan berlangsung seperti yang tampak pada gambar di bawah ini: 

  • Setelah menunggu beberapa saat (biasanya instalasi Mikrotik sebentar saja), maka Anda akan diminta untuk menekan tombol enter, karena proses instalasi Mikrotik sudah selesai.


Setelah semua selesai, dan komputer Anda sudah direstart, saatnya Anda login ke terminal Mikrotik untuk pertama kalinya.
Pada saat komputer rebooting jangan lupa mencabut kembali CD-R yang ada di CD-ROM, agar proses instalasi tidak berulang.

Pada tampilan gambar di atas, Anda dapat login ke Mikrotik terminal dengan memasukkan nama Login Admin, sedangkan untuk password buat sementara masih kosong, Anda cukup tekan enter.
Tampilan Terminal Mikrotik setelah Anda login adalah seperti gambar berikut:

_______________
Tutorial ini bagian dari ebook "Panduan Singkat Menguasai Router Mikrotik untuk Pemula".





NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner